Home page

Jumat, 10 Februari 2012

Evolusi Gajah Butuh 24 Juta Generasi


            Gajah,mamalia terbesar yang hidup di daratan bumi, di percaya berevolusi dari mamalia kecil seperti tikus yang hidup setelah dinosaurus punah 65 juta tahun yang lalu. Ilmuwan menemukan bahwa dibutuhkan waktu 24 juta generasi bagi tikus untuk “berubah” menjadi gajah.
            Tim peneliti yang di pimpin oleh Alistair Evans,ahli biologi evolusi dari Monash University di Australia, menginvestigasi seberapa besar peningkatan massa tubuh 28 ordo mamalia yang mungkin di capai dalam 70 juta tahun.
            Caranya dengan membandingkan ukuran mamalia terbesar pada waktu yang berbeda. Selanjutnya, menggunakan mamalia modern untuk mengestimasi ukuran di setiap generasi di setiap jenis. Sebagai langkah akhir, Evans memperkirakan waktu yang di perlukan bagi mamalia  untuk bertambah ukuran.
            Berdasarkan hasil penelitian, waktu yang di perlukan oleh tikus untuk berkembang menjadi mamalia besar seperti gajah lebih lama dari yang di perkirakan. Sebelumnya, ilmuwan memperkirakan bahwa evolusi hanya berlangsung 200.000 hingga 2 juta generasi.
            Penelitian juga mengungkapkan bahwa evolusi mamalia air untuk menjadi sebesar paus lebih cepat. Di perlukan 3 juta generasi bagi mamalia laut untuk mencapai ukuran 1000 kali lipat. Menurut Evans , waktu yang lebih cepat dapat dipengaruhi oleh lingkungan air.
            Evans dan timnya juga mengungkap bahwa penyusutan ukuran akan berlangsung lebih cepat dari yang diperkirakan. Menurut Evans, waktu penyusutan ukuran akan berlangsung 30 kali lebih cepat dari waktu peningkatan ukuran.

                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar